Friday, August 26, 2011

Budaya Membaca

Pernahkan kalian mikir, kalau semisalnya dikasih pertanyaan kaya gini:
  • Apa kamu suka baca?
  • Kalo iya, buku apa yang paling sering kamu baca?
  • Berapa lama waktu yang diperlukan untuk baca satu buku?
  • Apa membaca buku dengan jumlah 200 lembar udah bikin kamu males nyentuh duluan?

Well, kira-kira seperti itulah yang saya pikirkan tentang generasi sekarang (ceilah). Menurut pengamatan saya, just correct me if I'm wrong, anak sekarang itu udah jarang yang punya kebiasaan membaca. Mereka udah terbuai sama majunya teknologi yang nawarin cara lebih cepat buat ngerti gimana dunia luar itu. Mereka lebih percaya sama internet -yah walaupun bisa dibilang saya juga percaya- tapi inget, GA SEMUA yang kamu baca di internet itu bener. Kadang cuma berupa opini orang kaya blog, kadang cuma hipotesis, atau beberapa cuma isu yang dibikin sama orang-orang ga bertanggung jawab.

Sebenernya membaca itu ENAK SEKALI loh. Alhamdulillah aku masih suka walaupun jumlah buku yang aku baca udah menurun drastis. Dulu satu buku bisa selesai dalam satu hari, tapi the biggest distraction (baca: Blackberry), atau surfing internet buka ini-itu, belanja onlen, dan lain lain, bikin satu buku seminggu aja udah Alhamdulillah banget.

Ini yang dikhawatirkan. Kita mahasiswa, calon kaum cendekia, masa iya tetep ga terbiasa baca buku? di dalem buku, semua informasi bisa dibilang valid sepanjang masih disertai data penunjang. Di dalem buku, kita bisa terbiasa bertindak sistematis -kaya bab-bab di buku yang step by step. Di dalem buku kita bisa mengembangkan imajinasi, di dalem buku kita bisa menyamakan pemikiran seperti penulis, mengenal orang lain yang belom kita temui, dll.

Kalo buku kuliah dirasa kurang appetizing untuk kalian baca, coba deh mulai baca buku-buku untuk pengembangan diri (self-development) ataupun buku-buku motivasi. Coba kita bangun lagi kebiasaan mulia ini, coba kita jadikan generasi kita generasi pembaca buku sekaligus melek teknologi.

Semua diatas cuma hail pemikiran saya aja yaa :) Semoga bermanfaat.
Oh iya, dikasitau Vendy iklan yang NYENTUH banget. Beneran buat kalian yang mikir hidupnya ga bahagia, ga bersyukur... Semoga mata kalian terbuka setelah nonton video ini.



Happy Weekend, Readers!

No comments:

Post a Comment