Thursday, July 6, 2017

Maxi ICA - [RECIPE] Crepe Sucree Basah

Karena stok diaper alya udah menipis, kemaren setelah merampungkan setengah utang setrikaan saya memutuskan untuk pergi ke Maxi ICA. Karena belum pernah ke sana dan katanya lengkap banget, makanya saya rela bela-belain beli diaper jauh-jauh ke sana.

Sekitar jam 1 siang, saya keluar dari apartemen. Di depan pintu ketemu sama tetangga kami dari Mesir, Marwa,yang lagi ditinggal bersama 4 anaknya oleh suaminya ke Inggris sampe Jumat nanti. Iya, empat, dan cowok semua X)

Akhirnya saya putuskan untuk nemenin Marwa dulu ke daerah Rosengȧrd nyelesaiin urusannya dulu, terus bareng-bareng ke Maxi ICA. Dari Rosengȧrd kami naik buss 35, turun Centralen dan dilanjut buss 5 turun pas di sebelah Turning Torso dan jalan sedikit ke Maxi ICA. Ternyata emang bener, di sana lengkap banget. Dari mulai perabot rumah tangga, bumbu-bumbu, sayur buah dan perkakas lain. Yang niat awalnya hanya beli diaper jadi 'beranak' beli saringan gorengan, susu, stevia, coklat, dan lain-lain. Biasa lah ya ibu-ibu... 

- -

Kami pulang dari Maxi ICA sekitar jam 6 sore, dan Ayahnya Alya udah pulang dari kampus. Akhirnya kami makan malam lalu saya kepikiran buatin Crepe basah untuk Alya yang lagi susah makan karena tumbuh gigi. 


Crepe Sucree Basah (Crepe Manis Basah)

Bahan:
- 200 gr tepung terigu/ vetemjöl; saya pakai merek "Kungsörnen"  
- 1 sdt Baking powder/ bakpulver; saya pakai merek "Kent Boringer"
- 1 butir telur/ ägg
- 50 gr gula/ strö socker; saya pakai merek "Garant"
- 300 ml susu/ mjölk; saya pakai merek "Skȧnemejerier"
- 2 sdm margarin/ smör; saya pakai merek "Milda"
- Susu kental manis/ condensed milk; saya pakai merek "Nestle"
- Pisang/ bananer
- Coklat/ljus bak choklad; saya pakai merek "Garant"
- Blueberry/ blȧbär; mudah sekali ditemukan dimana-mana, dari toko sampai pedagang kaki lima. Biasanya 100 SEK dapat 3, atau tergantung timbangannya kalau di supermarket.

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu, baking powder, telur, gula, susu dan margarin ke dalam mangkuk, aduk rata sampai halus tidak bergerindil.
2. Panaskan teflon, lalu kecilkan apinya. Tuangkan satu sendok atau dua tergantung besar teflon, lalu tipiskan dengan cara diputar teflonnya agar adonan menyebar dan sekiranya bisa kering bagian luarnya.
3. Setelah itu beri potongan pisang yang telah diiris tipis dan keju. Tutup sampai bagian luarnya kering. 
4. Lipat menjadi bentuk kipas bisa 2 kali ataupun sekali saja cukup. Angkat. Lakukan sampai adonan habis.
5. Tata di piring, beri susu kental manis dan parutan coklat, beri topping buah sesuai selera. Kalau Alyaka karena senang sekali dengan blueberry makanya saya pilih buah ini. 

No comments:

Post a Comment