Friday, July 7, 2017

Ngungsi - [RECIPE] Terong Cabai Hijau

Tetangga sebelah kamar saya kemarin lusa sore ketok pintu, dia bilang kalo besok (kemaren) bakal ada penyemprotan serangga di kamarnya. Dia lagi hamil 8 bulan tinggal menghitung minggu, dan suaminya super freaked out nemu serangga di lantai apartemen lalu diperlukanlah penyemprotan... Dia advice kami untuk ngungsi sementara karena wanita dan anak di bawah 3 tahun sendiri ga boleh berada di dalam ruangan sampai 24 jam. Dia sendiri pergi nginep ke hotel selama 4 hari, "just for precautions". Ya boleh lah...

Akhirnya mendekati waktu penyemprotan saya dan Alyaka pergi jalan-jalan keluar, dan memutuskan untuk main ke rumah Mba Rida, teman sesama dari Indonesia dan suaminya sedang studi S3 di kampus yang sama dengan Ayah Alyaka. Di sana juga sudah ada Mba Ikma, dri Indonesia juga, suaminya satu angkatan dengan Mas Haf... Akhirnya kumpullah kami di sana sampai sore. Namanya ibu-ibu ya, kalau kumpul sambil ngobrol ngalor ngidul ga kerasa waktu berlalu begitu cepat. hehe.


- -

Sampai rumah, Ayah Alya udah pulang dari kampus. Makan hari itu saya masak terung cabai hijau, kalau bikinan mbahti di rumah rasanya super maknyus... dan karena masih dalam rangka kangen Indonesian dish saya coba bikin deh. Alhamdulillah rasanya enak, walaupun ga sama kaya bikinan mbahti. Ayah Alya juga suka.



Terong Cabai Hijau

Bahan:
- 1 buah terong/ äggplanta; saya biasa beli di Lucu, namun pernah lihat di Lidl ada. Disini gendut-gendut, beda sama di Indonesia yang panjang-panjang.
- Bakso/ kycklingköttbullar; dipotong belah empat atau utuh diiris ujungnya jadi empat. Saya pakai merek "Baladi", ada logo halal dan rasanya enak banget, beli di Netto.
- 2 buah Cabai Hijau/ grön peppar; iris tipis
- Setengah bagian Bawang Bombay/ lök
- 1 buah Daun Bawang/ lök vȧren; iris tipis
- 1 siung bawang putih/ vitlök; memarkan
- 1/2 sdm Kecap Ikan;  saya pakai Seasoned soy sauce for seafood, merek "Lee Kum Kee"
- 1 sdm Kecap Inggris/ worcestershire sauce; saya pakai merek "Lea & Perrins
- 1 sdm saus tomat/ tomatsȧs
- 1/2 sdt gula pasir/ Strö Socker; saya pakai merek "Garant".
- Secukupnya garam dan lada

Cara Membuat:
1. Terong diiris tipis, boleh memanjang atau kotak. Rendam dalam air selama 10 menit, tiriskan, lalu goreng. Sisihkan.
2. Tumis semua sisa bahan bersama bumbu, aduk sebentar. Masukkan terong. Pastikan semua bahan matang.
3. Sajikan.

No comments:

Post a Comment