Friday, July 21, 2017

[RECIPE] Beef Piccata

Saat bulan Ramadan kemaren, kami sekeluarga buka puasa bareng teman-teman muslim yang tinggal di satu apartemen. Tiga keluarga yang terdiri dari orang Indonesia, Mesir dan Pakistan sepakat untuk bikin dish yang beda-beda, yang khas dari negara masing-masing. Saat itu saya masak mie goreng, sosis solo dan kolak pisang. Sosis solo-nya habis ga ada sisa, mie gorengnya dibawa pulang sama para tamu, dan kolaknya nyisa banyak haha.

Nah teman saya yang dari Mesir, Marwaa, bikin salah satu hidangan yang enak betul. Saya penasaran tanya apa namanya, ternyata Beef Piccata atau Pekata, dan aslinya dari Prancis bukan Mesir. Ada daging dan jamur dalam saus kental, sedep banget. Keesokan harinya saya langsung tanya resepnya dan coba bikin. Sampai sekarang pun kalo ada stock daging di kulkas saya sering bikin Piccata karena mudah sekali.


Beef Piccata

Bahan:
- 500 gr daging sapi has dalam/ Oxfilé; untuk make sure halal/ gak-nya, cek bagian belakang kemasan, kalo ada logo masjid Insyaa Allah halal :);
- 1 buah lemon/ citron; peras
- 1/2 sdt garam/ salt
- 1/2 sdt merica bubuk/ vit-peppar malen
- 1/2 sdt oregano
- Secukupnya minyak zaitun/ olivolja
- 2 sdm tepung terigu/ vetemjöl
- 1/2 buah bawang bombay/ lök
- 100 ml susu/ mjölk
- 4-5 buah jamur champignon/ champinjon ; potong-potong
- 2 siung bawang putih/vitlök ; geprek

Cara Membuat:
1. Biasanya daging saya pukul-pukul lalu dilumuri perasan jeruk nipis agar lebih empuk. Setelah itu bumbui dengan garam, merica bubuk, dan oregano. Taruh di chiller kurang lebih 30 menit.
2. Di wajan, panaskan butter. Setelah panas, pan-fried daging sapi, bawang bombay dan jamur hingga matang dan jamur berwarna kecoklatan.
3. Di panci, panaskan butter lalu tambahkan tepung terigu. Setelah larut, masukkan bawang putih lalu tambahkan susu dan masak sampai kental. Masukkan daging, bawang bombay dan jamur yang telah dimasak. Tambahkan cream cheese, garam dan merica. Koreksi rasa.
4. Sajikan dengan tambahan potongan parsley.


No comments:

Post a Comment