Tuesday, March 13, 2018

The Joy of Unboxing

Kenapa ya buat saya, perasaan membuka paket belanjaan yang saya beli lewat daring itu sedikit bikin 'nagih'? Haha.

Tahun 2012 saat saya masih jadi intern di Octovate Jakarta, saya ditugasi riset tentang cottonink. Waktu itu cottonink masih belum kaya sekarang, dan bisa dibilang mereka ini yang mempelopori jual beli pakaian lewat online. Saya baca salah satu interview dengan Ria Sarwono & Carline Darjanto, tentang awal mula mereka membangun bisnis ini dan alasan kenapa penjualannya hanya dilakukan lewat website (pada saat itu mereka belum punya offline store dan masih merintis sedikit stockist).

Jawabannya kalau ga salah karena menurut mereka orang cenderung menyukai perasaan yang muncul saat membuka paket, seperti memberi kado ke diri sendiri gitu. And I couldn't agree more. Buat saya belanja online itu punya efek yang sama kaya doing sport, haha. Jadi ga salah kalo:

Unboxing package gives you endorphin, and endorphin makes you happy!
Dan buat yang penasaran untuk apa saya riset cottonink adalah kami saat itu lagi di project XL xmartplan, dan akhirnya setelah riset, saya si anak magang dapet kesempatan ikut bikin video xmartplan feat Carline Darjanto di cafe Monologue. What an amazing experience buat saya waktu itu :D


Buka paket yang isinya Essential Oils yang udah lama habis, bikin perasaan seneng jadi berkali-kali lipat!



Peppermint, Lemon, Copaiba balsam & Rosemary Essential Oils from @organicsupply.co

 Tapi dalam rangka #shoppingban, saya berusaha ga beli suatu barang kecuali kalo bener-bener lagi butuh. Dan pesen saya sih, kita ga boleh terlalu impulsif belanja online karena terkadang kalo kita lupa barang itu ternyata ga esensial atau ga terlalu diperlukan malah cuma jadiin kita lebih konsumtif.

Satu lagi, perasaan bahagia saat punya barang baru itu seringnya won't last long. Dalam beberapa waktu kita udah jadi biasa lagi, dan barang itu udah jadi sampah atau cuma numpuk atau cuma menuh-menuhin rumah aja.

So still, be wise!

No comments:

Post a Comment